diskominfo@tanjabbarkab.go.id 0742-21593

TINGKATKAN KESELAMATAN NELAYAN, BAKAMLA RI LAKUKAN SOSIALISASI KESELAMATAN LAUT

KUALA TUNGKAL – Dalam rangka mengoptimalkan sinergi antara Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Bakamla RI mengelar Sosialisi keselamatan Laut dengan nelayan serta masyarakat pesisir dan perbatasan di aula pertemuan TPI (01/08/18)

Bakamla RI melalui Direktur Kerjaama Dede Ruskanda menjelaskan tentang Bakamla RI serta tugas, fungsi dan struktur organisasinya.
Menurutnya,Keselamatan laut bukan berarti hanya keselamatan sumber dayanya, tetapi keselamatan nelayan juga. Oleh karena itu, sosialisasi ini kami lakukan agar para nelayan dapat bekerja dengan aman dan selalu selamat”, katanya.

Kegiatan sosialisasi ini pada dasarnya bertujuan untuk memberikan informasi dan mengedukasi nelayan pentingnya keselamatan saat di laut, di ikuti dengan pemberian life jacket kepada para peserta agar peduli dan memperhatikan keselamatan dirinya saat melaut, serta diikuti pula dengan tata cara pemakaiannya.

Agar peserta lebih paham untuk mempraktekannya pada saat bertemu kejadian darurat dilaut, kegiatan dilengkapi pula dengan simulasi atau skenario cara penyelamatan orang tenggelam seperti CPR, mengecek detak nadi, mengangkat tubuh korban dan semacamnya, yang di pandu oleh instruktur. Meskipun simulasi dilakukan di darat, namun antusiasme nelayan sangat jelas terlihat sehingga membuat Tim Sosialisasi Keselamatan Laut juga bersemangat menanggapinya.

Sementara Bupati Tanjung jabung barat Melalui Asisten bidang pemerintahan dan Kesra Hidayat SH.MH. mengatakan pemerintah tanjung jabung barat sangat menyambut baik kegiatan sosialisasi ini,semoga dapat menjadi media yang efektif untuk bertukar pikiran, pengalaman, saran, dan pendapat.

“Dengan demikian terjalin koordinasi yang semakin baik dan solid diantara kita guna mengatasi serta memecahkan persoalan dan kendala yang mungkin terjadi di lapangan serta pertukaran informasi antara masyarakat pesisir/nelayan dengan pemerintah,” ujarnya.

Diharapkan, Kedepanya Bakmla RI dapat besosialisasi kembali dengan menyandarkan kapalnya secara langsunh di pelabuhan kuala tungkal seperti Kapal teluk Sibolga 536 yang lalu dalam rangkaian muhibah maritim”jelas hidayat

Lanjut Hidayat semoga kegiatan ini dapat tercipta kesamaan pola pikir, pola sikap, dan pola tindak untuk menjaga keselamatan di laut ” ujar dayat

Turut hadir dalam sosialisani Subdit Pengembangan Potensi Keamanan dan Keselamatan Laut Kombes Pol. Suharwiyono,SH
Kabid Perikanan Provinsi jambi hernowo A.Ip, Kadis pendidikan dan kebudayaan Martunis , ketua DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HSNI) Suprayogi Saipul S.IP dan undangan lainya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.