SIAP-SIAP, SELURUH ASN TANJABBAR AKAN SEGERA JALANI TES URINE

KUALA TUNGKAL – Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat akan jalani tes urine. Informasinya pelaksanaan tes urine tersebut akan dilakukan secara mendadak.

Dalam pelaksanannya Pemkab akan melibatkan Satuan Reserse Narkoba Polres Tanjab Barat. Dimana hal ini juga merupakan kebijakan Bupati Tanjab Barat DR. Ir. H. Safrial, MS, yang menginginkan seluruh ASN bersih dari penyalahgunaan Narkoba.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Tanjab Barat Drs. Encep Jarkasih, mengungkapkan hal itu.

“Ini memang sudah menjadi kebijakan dari Bupati kita, bahwa seluruh ASN yang bertugas di Tanjab Barat harus bersih dari penyalahgunaan Narkoba termasuk juga Honorer,” ungkap Encep di Kantornya, Rabu (06/9/17) siang.

Menindaklanjuti hal itu, pihaknya sedang melakukan upaya kerjasama dengan aparat kepolisian. “Berkemungkinan kita akan libatkan Satuan Narkoba dari Polres Tanjab Barat,” jelasnya.

Kapan akan dilakukan tes urine terhadap ASN tersebut, kata Encep, hal itu akan dilakukan secepatnya dan mendadak di tahun 2017 ini.

“Secepatnya akan kita lakukan dan secara mendadak. Dan jelas itu tidak akan diketahui setiap OPD yang akan di tes urinenya,” terangnya lagi.

Mengingat jumlah ASN ribuan dan tersebar, Encek kembali jelaskan itu akan dilakukan secara bertahap. Tapi yakinlah itu menjadi Komitmen Pemerintah Daerah yang menginginkan aparaturnya bersih dari penggunaan Narkoba bisa dilakukan.

“Mungkin nanti tes urine dilakukan pada lingkup tertentu terlebih dulu,” katanya, namun tidak menutup kemungkinan secara menyeluruh kita lakukan,” imbuhnya.

Disinggung tindakan yang dilakukan terhadap ASN yang kedapatan melakukan penyalahgunaan Narkoba, menurut Encep, jika ada ditemukan oknum yang berbuat atai terindikasi tentunya akan ditindak tegas.

“Pak Bupati juga mengatakan, kalau ada aparatur kita yang kedapatan, beri sanksi yang seberat-beratnya sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Jadi istilahnya kalau kata Pak Bupati, tidak ada ampun terkaiit penyalahgunaan Narkoba itu,” ungkapnya.

Sehubungan dengan hal ini pula, dirinya selaku kepala BKPSDM mengaku sangat siap sekali untuk di tes urine.

“Saya sendiri bersama jajaran sangat siap bila dites. Insya Allah kami di BKPSDM bersih dalam penyalahgunaan Narkoba,” pungkasnya.

Sumber : Lintas Tungkal

 

Add Comment