diskominfo@tanjabbarkab.go.id 0742-21593

SHOLAT JUMAT PERDANA DI MASJID SYEKH USMAN, TETAP TERAPKAN PROTKES.

KUALA TUNGKAL – Jumat (5/2) Pemkab Tanjung Jabung Barat mengadakan sholat Jumat perdana di Masjid Syekh Usman  yang berlokasi di Desa Tungkal I Kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Meski antre, jamaah tetap sabar untuk mengikuti pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki ruangan masjid.

Pelaksanaan sholat Jumat yang juga dihadiri oleh Bupati Tanjung Jabung Barat serta unsur pemerintah lainnya. Meski dalam suasana pandemi, akan tetapi antusias masyarakat muslim sangat besar untuk hadir guna beribadah di masjid ini. Terlihat dari ramainya jamaah yang terlihat ketika mengantri untuk pengecekan suhu tubuh yang dilakukan oleh timkes dari Puskesmas Tungkal I.

” Masyarakat yang datang untuk Shalat Jum’at diharapkan mematuhi protokol kesehatan seperti social distancing, menggunakan masker, bahkan masker kita sediakan, setiap jamaah melakukan pengukuran suhu tubuh pada Petugas dari Puskesmas Tungkal 1 yang berjaga di depan pintu masjid sebelum diperkenankan masuk masjid dan jamaah juga membawa sendiri sajadah sendiri dari rumah masing-masing,” tutur Syafruddin, kasubbag keagamaan.

Menurut Syafruddin guna berlangsungnya tertib protokol kesehatan dalam pelaksanaan shalat Jum’at perdana di masjid ini pihaknya telah mengatur batas-batas tempat duduk jamaah dengan diterapkan social distancing serta dilantai masjid tidak disediakan sajadah.

Bupati Tanjungjabung Barat Dr. Ir. H Safrial kemarin Kamis (4/2) sehari sebelumnya usai melakukan Pencanangan Vaksinasi Covid-19 di Kualatungkal dalam rangkaian keterangan persnya mengemukakan bahwa dirinya mengajak masyarakat untuk turut serta menjadi jamaah sholat Jumat di masjid milik Pemkab Tanjung Jabung Barat tersebut.

Namun sehari sebelumnya Kabag Kesra dan Keagamaan Setda Tanjungjabung Barat Hidayat Kasuma saat dikonfirmasi Jum’at (5/2) mengemukakan bahwa setelah diadakan rapat sebelumnya dengan masyarakat desa Tungkal 1 sehingga atas keputusan MUI pelaksanaan Sholat Jum’at dapat dilaksanakan di masjid ini.

” Jadi pelaksanaan Sholat Jum’at hari ini sudah sebagaimana hasil rapat sebelumnya dengan masyarakat Desa Tungkal 1 Kecamatan Tungkal Hilir bersama MUI Tanjungjabung Barat, kemarin ada keputusan MUI memperbolehkan sholat Jum’at di masjid ini.,”Menambahkan keterangannya

Hidayat mengatakan sebagai Imam Sholat Jum’at perdana di masjid ini adalah H Abdullah Nuhung dan berindak selaku khotib adalah Ketua Pengadilan Agama Tanjung Jabung Barat Zakaria Ansori SHI, MHI,” Keadaan masjid untuk persiapan sholat Jumat sudah diatur untuk penerapan social distancing (jaga jarak) , jamaah diharapkan membawa sajadah sendiri,”sebutnya, menutup keterangan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.