SAT LANTAS POLRES TANJAB BARAT SOSIALISASIKAN PELAKSANAAN OPS ZEBRA 2017 KE SEKOLAH

KUALA TUNGKAL – Menjelang digelarnya Operasi Zebra 2017  Unit Pendidikan dan Rekayasa Lalulintas (DIKYASA) Satuan Lalulintas Polres Tanjab Barat menggelar Sosialisasi dengan sasaran anak pelajar atau anak usia produktif, kesekolah sekolah yang ada di kota kuala tungkal.

Dalam giat sosialisasi yang dilaksanakan meraton, Selasa (31/10) pihak Sat Lantas Polres Tanjab Barat mengunjungi sejumlah sekolah diantaranya, MAN 1 Kuala Tungkal, MTs Negeri Kuala Tungkal dan SMP Negeri 2 Kuala Tungkal. Tujuannya agar pengendara pengguna jalan bersiap diri dan siap administrasi sebelum
berkendara.

Hal itu untuk memberikan pencerahan dan arahan bagi setiap pelajar untuk tidak melanggar segala aturan yang telah ditentukan dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalulintas.

Kapolres Tanjab Barat AKBP A.D.G. Sinaga S.IK mengatakan bahwa sosialisasi tertib berlalu lintas ke sekolah-sekolah yang dilaksanakan oleh anggotanya ini merupakan program dalam rangka Operasi Zebra 2017 yang akan dilaksanakan serentak seluruh Indonesia selama 14 hari dari tanggal 01-14 November 2017 mendatang.

“Sebelum menggelar operasi terpusat dengan sandi Operasi Zebra 2017 ini, terlebih dahulu kita mengadakan sosialisasi sosialisasi melalui radio, spanduk dan diruang lingkup sekolah di Kabupaten Tanjab Barat ini,” ungkap Kapolres, Selasa (31/10/17).

Tujuan operasi ini lanjut Kapolres, adalah guna mewujudkan situasi Kamseltibcar Lantas yang kondusif dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas.

Target yang akan ditindak pada Ops Zebra 2017 adalah bagi pengendara yang tidak menggunakan helm, kendaraan yang menggunakan knalpot racing tanpa filter suara, serta kendaraan yang tidak ada kelengkapan surat kendaraannya.

Kapolres juga mengatakan, sanksinya yang diterapkan dalam Ops Zebra bervariasi, itu tergantung seberapa
besar pelanggaran yang dilanggar sipengguna jalan itu sendiri.

Pada pelaksanaan sosialisasi tersebut Kasat Lantas IPTU Agustina Wijayanti, S.IK menghimbau bagi kalangan pelajar, untuk tidak mengendarai sepeda motor dahulu sebelum berusia 17 tahun dan memiliki SIM.

Kasat Lantas juga mengajak para pelajar dapat menjadi agen pelopor keselamatan dan ikut serta mensosialisasikan ops zebra 2017 kepada keluarga dan tetangga sehingga operasi zebra benar benar sampai kepada kepolosok masyarakat sehingga semua bisa tertib dalam berlalu lintas Serta bisa menekan terjadinya angka vatalitas kecelakaan di jalan raya.

“Mari kita kita sukseskan tahun keselamatan untuk kemanusiaan,” ucap Agustina Wijayanti dihadapan para pelajar.

Disampaikan pula bahwa, Operasi terpusat Zebra 2017 yang akan dimulai pada 1-14 November 2017 dan dibuka
dengan Apel Gelar Pasukan yang rencananya akan dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kuala Tungkal pada Rabu (01/11/17). (Lintas Tungkal)

Add Comment