RENCANA STRATEGIS BUPATI SAFRIAL LEWAT PROGRAM TMMD

ren.tmmd

Kuala Tungkal,- Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-98 Tahun Anggaran 2017 yang di selenggarakan di Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta, dihadiri Bupati Tanjung Jabung Barat DR. Ir. H. Safrial MS.

Rakornis yang digelar kamis (09/03) dibuka oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono. Turut hadir bersama Bupati Tanjab Barat, Dandim 0419/Tanjab Letkol Hary Sassono Utomo, SH, Ketua DPRD Tanjab Barat Faizal Riza, ST, MM, Sekda Drs. H. Ambok Tuo, MM, Asisten III Jeter Simaamora, SP, Kepala Bappeda Ir. H. Firdus Khatab, MM, Kadis PU Ir. H. Andi Ahmad Nuzul, Kadis BPMPD H. Mulyadi, S.Pd, M.Kes, serta Plt. Kepala BPKAD Drs. Rajiun Sihotang, MM.

Disampaikan Bupati kepada wartawan sesudah sesi foto bersama Mentri PUPR dan KASAD bahwa program TMMD sangat membantu program pembangunan di Tanjab Barat khususnya dalam infrastruktur. Dikatakannya kegiatan ini adalah  program yang saling menguntungkan antara pemkab dan TNI.

“Banyak keuntungan yang pemkab dapat lewat program TMMD ini, yang pertama dalam hal tingkat partisipasi masyarakat, bersama TNI tingkat partisipasi masyarakat sangat tinggi hingga ikut serta membantu dan memberikan lahannya. Kemudian dalam hal pendanaan bisa lebih efisien dikerjakan bersama TNI dan masyarakat. Selain itu masyarakat juga diberikan pendidikan bela negara dan toleransi, meskpun tingkat toleransi di Tanjab Barat sangat tinggi,” jelas Safrial.

“Ini bukan pertama kalinya TMMD kita adakan di Tanjab Barat, dulu kita pernah buka jalan baru dari Pelabuhan Roro ke Simpang Sialang. Tahun ini kita pusatkan di kecamatan Seberang Kota dengan membuka akses jalan baru sepanjang ­+11.850 meter. Pembukaan jalan baru ini jelas akan memberikan akses ekonomi kepada masyarakat disana,” tambah Bupati.

Bupati juga menyampaikan rencana strategisnya ke depan untuk program TMMD. “Kita akan buat kegiatan ini berkesinambungan hingga daerah pinggiran dan perbatasan. Kita akan benahi infrastruktur ke arah sungai terab dan pulau kijang. Sehingga nanti potensi ekonomi di daerah pinggiran Tembilahan itu bisa mengalir ke Tanjab Barat.”

Sementara sebelumnya saat pembukaan Rakornis Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan untuk membantu TNI dalam membangun desa pada program tersebut, dirinya telah memerintahkan kepala satuan kerja (satker) dan balai di daerah-daerah melalui Bawah Kendali Operasi (BKO). “Saya BKO-kan aparat PUPR di balai-balai baik itu jalan, atau Sumber Daya Air (SDA), atau Cipta Karya yang punya program bersama masyarakat. Kami juga punya program padat karya,” ujarnya.


Di Publikasikan pada : 15/03/2017


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *