Nomor Penting
Agenda
July 2017
Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat
« Jun    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
Pencarian

 

UMKM

 

PRODUK UNGGULAN UMKM
KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT
01. Minyak Goreng Kemasan (Golden Tropikana Dan Sejahtera)

Minyak Goreng Merk Golden Tropikana dan Merk Sejahtera diproduksi oleh PT. ANEKA PURA MULTIKERTA. Minyak goreng ini mempunyai kualitas yang baik serta memiliki Vitamin A dan   Vitamin E.  Karena dibuat dari buah kelapa sawit pilihan melalui proses penyaringan yang telah memenuhi syarat SNI dan ISO 9002 sehingga menghasilkan minyak goreng yang berkualitas baik dan sehat.

Perusahaan PT. ANEKA PURA MULTIKERTA berdiri di awal Tahun 2015 lalu telah bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dengan memanfaatkan hasil Crude Palm Oil (CPO) yang berasal dari para petani dibeberapa wilayah Provinsi Jambi.

minyak-goreng-2
Gambar. 1. Minyak Goreng Merk Golden Tropikana
minyak-goreng-1
Gambar. 2. Minyak Goreng Merk Golden Tropikana dan  Merk Sejahtera
02. Kopi Liberika Tungkal Jambi

Varietas Kopi Liberika Tungkal Jambi secara resmi dilepas pada tanggal 30 Oktober 2013 sebagai varietas bina. Sebelumnya, kopi Liberika ini dilepas sebagai varietas unggul nasional dengan nama Kopi Varietas Liberika Tungkal Komposit (LIBTUKOM) dan telah ditetapkan sebagai varietas bina melalui Keputusan Menteri Pertanian RI Nomor : 4968/KPTS/SR.120/12/2013 Tanggal 6 Desember 2013.  Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi merupakan salah satu penghasil kopi jenis Liberika terbesar Nasional dengan Produksi 270 Ton/Tahun dengan luas perkebunan seluas ±3.034 Ha yang tersebar di 5 Kecamatan dalam Kabupaten Tanjung Jabung Barat yaitu Kecamatan Betara, Kecamatan Bram Itam, Kecamatan Kuala Betara, Kecamatan Pengabuan dan Kecamatan Senyerang.

Kopi Liberika Tungkal Jambi telah diolah menjadi Produk Green Bean, Roast Bean dan Kopi Bubuk.

kopi-liberika-1-supadi
Gambar. 3. Kopi Liberika Tungkal Jambi Produksi Supadi
kopi-liberika-2-cap-jempol
Gambar. 4. Kopi Liberika Tungkal Jambi Cap Jempol
kopi-liberika-3-cap-paristo
Gambar. 5. Kopi Liberika Tungkal Jambi Paristo
03. Kerajinan Tempurung Dan Anyaman Lidi

Kerajinan dari tempurung kelapa dan anyaman lidi dibuat oleh para perajin di Desa Tungkal I Kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Tanjung Jabung Barat dengan memanfaatkan tempurung kelapa, para perajin membuat kreasi sehingga menjadi produk yang bernilai jual. Adapun kerjinan yang di buat dari tempurung kelapa yaitu  Tas kerja, Tas santai, dompet aneka ukuran, tempat tisu, gelang, bros jilbab, kancing hias dan tasbih. Sedangkan untuk anyaman lidi dibentuk menjadi piring makan, tempat buah, tempat asesoris dan lain-lain.

ker-tempurung-1
Gambar. 6. Aneka Tas dari Tempurung Kelapa
ker-tempurung-2
Gambar. 7. Tas dan Tempat Tisu dari Tempurung Kelapa
ker-tempurung-3
Gambar. 8. Dompet, Tasbih dan Bros dari Tempurung Kelapa
ker-tempurung-4
Gambar. 9. Gelang dari Tempurung Kelapa
ker-6
Gambar. 10. Piring Makan dan Tempat Buah dari Anyaman Lidi
ker-5
Gambar. 11. Piring Makan dan Tempat Buah dari Anyaman Lidi
04. Sirup Buah Pedada

Sirup buah Pedada merupakan minuman khas dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang diolah dari buah pedada yang merupakan buah dari tanaman mangrove yang banyak tumbuh dibeberapa kecamatan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang memiliki struktur tanah gambut, seperti Kecamatan Tungkal Ilir, Kecamatan Kuala Betara, Kecamatan Pengabuan, dan Kecamatan Senyerang.

Buah yang diolah adalah buah yang sudah matang dan diproses dengan sederhana, sehingga menghasilkan minuman sirup yang segar dengan rasa asam manis. Sirup ini diproduksi oleh Pak Al-Akhmar di Desa Kuala Indah Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung barat.

sirup

Gambar. 12. Sirup Buah Pedada