POLRES TANJABBAR GELAR BIMTEK SISTEM MONITORING KARHUTLA DENGAN APLIKASI SISTEM KOMPUTER

KUALA TUNGKAL – Serius dalam penanganan pencegahan dan penanggulangan karhutla. Polres Tanjabbar mengelar Sosialisasi dan  Bimbingan Teknis Sistem Monitoring Karhutla dengan Aplikasi Sistem Komputer dan Open Camera di Aula Mapolres Tanjabbar, Kamis (07/9/17).

Bimtek Sistem Monitoring ini sekaligus Bimtek Penyelidikan, Penyidikan, Tindak Pidana Karhutla (prefentif, Preventif dan Penegakan Hukum).

Kegiatan ini dibuka oleh Kapolres Tanjabbar AKBP ADG Sinaga, S.IK yang diwakili oleh Wakapolres KOMPOL Hendri Batubara didampingi Kabag Ops KOMPOL Ronal P. Nainggolan dan Kasat Bimas IPTU Julius Sitepu serta anggota Bhabinkamtibmas jajaran Polres Tanjabbar.

Melalui bimtek ini diharapkan sebagai langkah awal untuk menunjang percepatan pelaporan personil Bhabinkamtibmas terkait pelaporan karhutla dijajaran Polres Tanjabbar.

“Ini merupakan tugas pokok dan fungsi polri pada bidang pencegahan karhutla,” ujar Wakapolres KOMPOL Hendri Batubara saat membuka Bimtek kemarin di ruang rapat Mapolres Tanjabbar.

Menurutnya, pelaksanaan bimtek pendeteksian awal karhutla menggunakan Aplikasi Sistem Komputer kali ini juga bertujuan untuk membangun sistem informasi yang terintegrasi dengan karhutla. Di samping itu juga dapat dilakukan dengan cara monitoring yang terstruktur.

Bahkan, untuk memudahkan dalam pendeteksian terhadap karhutla tersebut juga sangat diperlukan peta rawan kebakaran. Sehingga, sistem peringatan dini musiman karhutla melalui satelit NOOA, TERRA maupun AQUA – MODIS dapat ditindak lanjuti.

Meski sudah ada terobosan menggunakan teknologi, kita pun tetap melakukan penanggulangan bahaya kebakaran hutan dan lahan melalui upaya preemtif secara rutin.

“Melalui patroli, sambang dan memberikan himbauan serta sosialisasi bahaya kebakaran hutan dan lahan ke masyarakat,” tandas KOMPOL Hendri Batubara.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : Lintas Tungkal

Add Comment