Penyakit Sinusitis

Penyakit Sinusitis merupakan salah satu penyakit yang harus diobati karena apabila terjadi infeksi pada salah satu rongga sinus akan mudah menyebar dan menjadi infeksi pada organ yang lain.

Letak rongga sinus tersebut dekat dengan otak, mata dan organ penting pada bagian kepala. Penyakit Sinusitis diartikan sebagai peradangan, yaitu peradangan pada hidung atau paranasal. Untuk diketahui, pada daerah rongga hidung kita terdapat empat sinus yakni sinus etmoidalis yang terletak pada kedua mata, sinus maksilaris yang terletak pada pipi, sinus frontalis yang terletak pada dahi dan sinus sfenoidalis yang berada di belakang dahi. Selain itu, penyakit sinusitis ini disebabkan oleh aliran udara dan pada rongga sinus mengalami gangguan serta pengeluaran pada cairan mukus juga mengalami gangguan. Hal ini dapat disebabkan karena flu, demam, alergi dan bahan iritan yang dapat mengakibatkan pembengkakan pada ostia sehingga terjadi jalan buntu pada lubang drainase yang pada akhirnya menyebabkan penyumbatan aliran sinus dan mengeluarkan cairan mukus.
Jenis Penyakit Sinusitis

  1. Sinusitis kronis
  2. Sinusitis subakut
  3. Sinusitis akut

Jenis Bakteri Penyebab Penyakit Sinusitis

  1. Moraxella catarrhalis
  2. Haemophilus influenza
  3. Staphylococcus aureus
  4. Streptococcus pneumoniae
  5. Streptococcus pyogenes

Terdapat dua kategori yang menyebabkan terjadinya Penyakit Sinusitis, yaitu :

  1. Dentogenik atau dapat diartikan sebagai odontogenik yang disebabkan oleh kelainan pada gigi dan berakibat di gigi geraham atas yang mengalami infeksi.
  2. Rhinogenik yang terjadi di sekitar hidung dan disebabkan oleh penyumbatan di hidung sehingga terjadi sinusitis.

Gejala Penyakit Sinusitis sangat penting diketahui sejak dini agar pengobatan dan penanganan dapat dilakukan dengan baik dan benar serta dengan pengobatan secara dini, penyembuhan Penyakit Sinusitis akan lebih mudah. Apabila dibiarkan akan menyebabkan komplikasi yang serius. Yang parah adalah terjadi penyebaran infeksi penyakit sinusitis ke otak yang dapat menyebabkan kematian. Oleh karena itu, sangat dianjurkan segera ke dokter apabila sudah ada tanda-tanda pada penyakit sinusitis.

Beberapa ciri-ciri Penyakit Sinusitis, yaitu antara lain:

  1. Hidung tersumbat dan merasa gatal
  2. Bersin-bersin
  3. Setiap kali bernafas, terdapat bau yang tidak sedap
  4. Terdapat dahak pada tenggorokan
  5. Sering sakit kepala karena ingus pada rongga sinus menekan ke kepala
  6. Mengeluarkan ingus yang berwarna putih dan kental. Apabila warna ingus berwarna kekuningan atau kehijauan, maka kuman dalam ingus sudah lebih banyak

Sedangkan ciri-ciri Penyakit Sinusitis yang terjadi pada anak, yaitu antara lain :

  1. Biasanya sering sakit kepala sebelum umur 6 tahun
  2. Terjadi bengkak di sekitar bagian mata
  3. Keluar ingus berwarna kuning kehijauan
  4. Sering batuk, pusing dan muntah
  5. Nafas yang berbau tidak sedap
  6. Mudah lelah dan tersinggung

Penyakit Sinusitis adalah penyakit peradangan terjadi pada hidung, bagi penderita sinusitis akan merasakan rasa nyeri pada bagian hidungnya, Untuk meredakan rasa nyeri sementara bagi penderita penyakit sinusitis yaitu dengan menggunakan paracetamol atau sejenisnya karena apabila penyebabnya dari penyakit sinusitis adalah alergi akan memperparah reaksinya,  pada daerah rongga hidung terdapat beberapa bagian sinus yaitu sinus maksilaris, sinus frontalis, sinus etmoidalis, dan sinus sfenoidalis.

Penyakit sinusitis ini bisa disebabkan karena  infeksi jamur, virus dan bakteri. Penyebab infeksi bakteri dan jamur biasanya disarankan  untuk pemberian antibiotik berspektrum yaitu amoxicillin pada bagian yang terasa nyeri. Mukolitik dan dekongestan juga dapat membantu dalam kelancaran drainase pada cairan mukus. Tetapi pada penyakit sinusitis yang kronis diperlukan pembedahan untuk melakukan drainase cairan mukus.

Add Comment