Penelitian dan Litbang

 

 
DAFTAR KEGIATAN
KANTOR PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAERAH
KAB. TANJUNG JABUNG BARAT
TAHUN ANGGARAN 2013
Program Penelitian dan Pengembangan
1.
Diseminasi dan Sosialisasi Hasil Penelitian dan Pengembangan (lokakarya, seminar, pelatihan, dan workshop).
Sasaran
:Para SKPD terkait dapat melaksanakan rekomendasi tentang Diseminasi dan Sosialisasi Hasil Penelitian dan Pengembangan (Lokakarya, Seminar, Pelatihan dan Workshop).
Indikator Kinerja
:Terwujudnya Rekomendasi Kebijakan bagi Pemerintah Daerah.
Capaian Kinerja
:Pemerintah Daerah, SKPD terkait dan masyarakat.
2.
Kajian Pengembangan Teknologi Pemanfaatan Kulit Kerang (Hewan Mollusca) Daerah Pesisir Pantai Timur Kuala Tungkal sebagai bahan pendukung teknologi CCBN untuk pengolahan air gambut menjadi air minum masyarakat pedesaan daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat.
Sasaran
:Merumuskan suatu rekomendasi kebijakan mengenai pengembangan teknologi pemanfaatan kulit kerang (Hewan Mollusca) daerah pesisir pantai timur kusls tungkal sebagai bahan pendukung teknologi CCBN untuk pengolahan air gambut menjadi air minum masyarakat perdesaan daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat.
Indikator Kinerja:Terwujudnya rekomendasi kebijakan mengenai analisis dan manfaat dalam pengembangan teknologi pemanfaatan kulit kerang (Hewan Mollusca) daerah pesisir timur kusls tungkal sebagai bahan pendukung teknologi CCBN untuk pengolahan air gambut menjadi air minum masyarakat perdesaan daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat.
Capaian Kinerja:Tercapainya strategi kebijakan mengenai analisis dan manfaat dalam pengembangan teknologi pemanfaatan kulit kerang (Hewan Mollusca) daerah pesisir pantai timur kusls tungkal sebagai bahan pendukung teknologi CCBN untuk pengolahan air gambut menjadi air minum masyarakat perdesaan daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat.
3.
Kajian Optimalisasi Pemanfaatan Perkarangan untuk mendukung kecukupan pangan keluarga perdesaan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.
Sasaran:Kelompok Masyarakat yang terwakili oleh kelompok wanita tani dapat mengoptimalisasi pekarangannya untuk mendukung kecukupan pangan keluarga perdesaan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.
Indikator Kinerja:Terwujudnya Rekomendasi tentang optimalisasi pemanfaatan perkarangan untuk mendukung kecukupan pangan keluarga perdesaan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.
Capaian Kinerja:Tercapainya Rekomendasi tentang optimalisasi pemanfaatan perkarangan untuk mendukung kecukupan pangan keluarga perdesaan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.
Program Penelitian dan Pengembangan Daerah Bidang Ekonomi dan Keuangan
1.Kajian tentang teknologi pakan ternak kambing di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.
Sasaran:Kelompok peternak kambing, para penyuluh dan SKPD terkait dapat melaksanakan rekomendasi tentang teknologi pakan ternak kambing di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.
Indikator Kinerja:Terwujudnya Rekomendasi tentang teknologi pakan ternak kambing di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.
Capaian Kinerja:Tercapainya Rekomendasi tentang teknologi pakan ternak kambing di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.
2.Penelitian tentang bahan pengawet yang dipergunakan masyarakat untuk mengawetkan makanan dan hasilnya di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.
Sasaran:Pengusaha industri, industri rumah tangga dan tokoh masyarakat dapat mengetahui tentang bahan pengawet yang beredar di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.
Indikator Kinerja:Terwujudnya Rekomendasi tentang bahan pengawet yang dipergunakan masyarakat untuk mengawetkan makanan dan hasilnya di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.
Capaian Kinerja:Tercapainya Rekomendasi tentang bahan pengawet yang dipergunakan masyarakat untuk mengawetkan makanan dan hasilnya di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.
Program Penelitian dan Pengembangan Daerah Bidang Sumber Daya Alam dan Teknologi
1.Gelar Karya Pameran Teknolgi
Sasaran:Ekpose Hasil Kegiatan Lomba Karya Ilmiah dan Inovasi Kantor Penelitian dan Pengembangan Daerah yang di ikuti peserta didik Kabupaten Tanjung Jabung Barat pada Pameran Teknolgi Tingkat Nasional.
Indikator Kinerja:Terwujudnya Gelar Karya pameran teknologi tingkat nasional dengan baik.
Capaian Kinerja:Tercapainya Gelar Karya pameran teknologi tingkat nasional.
2.Sosialisasi Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas)
Sasaran:Memotivasi Masyarakat dan memperkenalkan peran dan program Kantor Penelitian dan Pengembangan Daerah dalam inovasi dan pengembangan teknologi di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.
Indikator Kinerja:Terwujudnya pelaksanaan sosialisasi dan peringatan hari kebangkitan teknolgi nasional (Hakteknas).
Capaian Kinerja:Tercapainya rekomendasi dan sosialisasi kebangkitan teknologi nasional (Hakteknas).
3.Kajian karakteristik dan uji coba perbaikan tata air lahan pasang surut di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.
Sasaran:Kelompok Tani, Para Penyuluh dan SKPD terkait dapat mengikuti Rekomendasi tentang hasil kajian karakterisasi dan uji coba perbaikan tata air lahan pasang surut di Kab. Tanjung Jabung Barat.
Indikator Kinerja:Terwujudnya rekomendasi tentang karakterisasi dan uji coba perbaikan tata air lahan pasang surut di Kab. Tanjung Jabung Barat.
Capaian Kinerja:Tercapainya rekomendasi tentang karakterisasi dan uji coba perbaikan tata air lahan pasang surut di Kab. Tanjung Jabung Barat.
4.Kajian pemanfaatan lahan pasang surut secara optimal melalui budidaya padi sawah di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.
Sasaran:Pemanfaatan lahan pasang surut secara optimal melalui budidaya padi sawah di Kabupaten Tanjung Jabung Barat oleh masyarakat yang berada di wilayah pasang surut.
Indikator Kinerja:Terwujudnya rekomendasi tentang pemanfaatan lahan pasang surut secara optimal melalui budidaya padi sawah di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.
Capaian Kinerja:Tercapainya rekomendasi tentang pemanfaatan lahan pasang surut secara optimal melalui budidaya padi sawah di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.
 

 

Add Comment