diskominfo@tanjabbarkab.go.id 0742-21593

PEMKAB LAKSANAKAN PENILAIAN LOMBA P2WKSS DI DESA PENYABUNGAN

Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa gelar Penilaian Lomba P2WKSS bersama Lintas Sektoral di Desa Penyabungan Kecamatan Merlung. Kamis, 27 September 2018 

Kegiatan ini berlangsung di halaman Kantor Desa Penyabungan. Penilaian dilaksanakan oleh Kelompok Kerja P2WKSS Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Acara dihadiri para Kepala OPD terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Disnakertrans, Dinas Pertanian, Perkebunan, Dinas Perikanan, Perumahan dan Pemukiman, Dukcapil, Dinas PMD, Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Camat Merlung, para Kades se Kecamatan Merlung serta perangkat Desa Penyabungan.

P2WKSS merupakan Program yang begitu besar manfaatnya apabila dilaksanakan dengan sungguh-sungguh oleh masyarakat setempat khususnya para anggota binaan. selain itu, peran serta para OPD terkait di berbagai bidang baik Ekonomi, Pendidikan, Sosial, serta kegiatan lainnya harus benar-benar didukung dan dipahami oleh anggota binaan sehingga dengan dilakukannya berbagai kegiatan P2WKSS ini nantinya dapat meningkatkan pengetahuan yang pada akhirnya dapat meningkatkan Ekonomi Kesehatan sehingga kehidupan mereka dapat meningkat dari pra sejahtera menjadi sejahtera.

Penilaian Lomba P2WKSS dilakukan pada 50 Kepala Keluarga Binaan yang didasarkan pada Instrumen penilaian yang memuat antara lain,

(1) Data umum Desa seperti luas wilayah, jumlah penduduk, Data KK binaan, Lembaga Masyarakat, potensi yang dimiliki dan pemanfaatannya.

(2) Komponen Pendidikan yang meliput jumlah Buta Aksara, kegiatan kelompok PAUD, BKB serta pendidikan keterampilan.

(3) Komponen Kesehatan, jumlah angka kematian ibu, jumlah angka kematian bayi, Jumlah Akseptor KB, jumlah ibu hamil, melahirkan dan nifas, penataan lingkungan sehat, perilaku masyarakat dan lain sebagainya.

(4) komponen ekonomi yaitu, jumlah penduduk angkatan kerja, kelompok usaha, UP2K, UPS, Koperasi dan komponen lainnya seperti penyuluhan, Kegiatan Swadaya Masyarakat dan lain sebagainya.

Tahapan selanjutnya akan dilaksanakan evaluasi penilaian untuk menentukan pemenang lomba P2WKSS tingkat Kabupaten yang akan mewakili Tanjung Jabung Barat pada lomba P2WKSS tingkat Provinsi pada bulan Oktober mendatang.

Tim Peliput Bidang PKP Diskominfo

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.