PEMBUKAAN MTQ KE 16 TINGKAT KECAMATAN BETARA BERLANGSUNG MERIAH

BETARA – Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kecamatan Betara ke-16 Tahun 2017 di halaman Kantor Desa Terjun Gajah, Ribu malam (12/7/17), berlangsung semarak dan meriah.

Acara dibuka oleh Bupati Tanjabbar diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Drs. H. Ahmad Faloge, diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an oleh Ustaz M. Nuryasir. Kemudian Pelantikan Dewan Hakim dan Panitra dan Penyerahan Piala Bergilir dari Kelurahan Mekar Jaya Kepada Panitia, dilanjutkan dengan pemukulan Beduk oleh Camat Betara Wanwan Irawan, S.STS.

Staf Ahli Bidang Ekbang Drs. H. Ahmad Faloge, dalam sambutannya mengungkapkan rasa senang dan bangga atas pelaksanaan MTQ Kecamatan Betara tahun ini. Karena menurutnya, sudah sejalan dengan program Pemkab Tanjabbar, menumbuhkembangkan pemahaman dan pengamalan Al-Qur’an, serta sebagai wadah seleksi di tingkat kecamatan, untuk kemudian diikutkan di tingkat kabupaten.

Selanjutnya kata dia, MTQ ini juga diharapkan mendorong pentingnya generasi muda untuk memiliki motivasi tinggi dalam mempelajari, menggali, dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an. Dimana dalam amatannya, minat generasi muda terhadap pengkajian Al-Qur’an saat ini cenderung melemah, baik kualitas maupun kuantitasnya.

“Diharapkan melalui kegiatan ini generasi muda kita lebih Qur’ani, sehingga membuat kehidupan lebih damai dan religius, di Bumi Serengkuh Dayung Serentak Ketujuan, Kabupaten Tanjung Jabung Barat,” ujarnya.

Selanjutnya Ketua Panitia, Risman Herri, S.Psi menyampaikan MTQ Kecamatan Betara ke 16 Tahun 2017, diikuti sebanyak 216 peserta, yang berasal dari kafilah 1 kelurahan dan 10 desa se Kecamatan Betara.

Adapun cabang yang dilombakan terdiri dari 5 cabang perlombaan, yakni Tilawah Anak Putra dan Putri, Tilawah Remaja Putra dan Putri, Tilawah Dewasa Putra dan Putri, Tartil Putra dan Putri dan Albarzanji Barhaba

Hadir saat pembukaan Kapolsek Betara IPTU Irwan, SH, Danramil 419-03/Tki KAPTEN INF. Asparzal, Anggota DPRD Dapil II Kec. Betara dan Kuala Betara Kabupaten Tanjab Barat Dedi Hadi, SH dan Abdullah, SE, Kabag Kesra dan Keagamaan Setda Tanjab Barat Hidayat Kusuma, S.Sos.I, Kepala KUA Betara Sarifudin, S.Ag, unsur Muspka, Lurah dan Kepala Desa, tokoh agama dan undangan lainnya.

Selain diramaikan banyak pengunjung, defile kafilah dan persembahan hypne MTQ yang dibawakan oleh puluhan anak-anak se Betara itu memberikan semarak malam pembulaan perhelatan religius tahunan tersebut.

Acara inipun mendapat pengamanan dari personil Polsek Betara, Babinsa dan Sat Pol PP Kecamatan Betara secara terbuka dan tertutup selama pelaksanaan kegiatan.

Sumber : Lintas Tungkal


Di Publikasikan pada : 13/07/2017


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *