MUSRENBANG RKPD PROVINSI JAMBI TAHUN 2018 WABUP MINTA PERCEPAT PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR PRIORITAS BUPATI

JAMBI,- Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Amir Sakib menyampaikan usulan program / kegiatan kabupaten Tanjab Barat saat menghadiri Musrenbang RKPD Provinsi Jambi Tahun 2018 di Ratu Convention Center (RCC) Jambi, Rabu (5/4).

Dalam Musrenbang dengan tema ‘Peningkatan Kualitas Pembangunan Infrastruktur dan Pelayanan Dasar dalam rangka Percepatan Jambi TUNTAS 2021’ yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Jambi H. Zumi Zola Zulkifli, Wabup menanyakan kepada Gubernur, Perwakilan Kementrian PUPR, Bappenas serta Anggota DPR RI dapil Jambi tentang program infrastruktur yang telah diusulkan Pemkab Tanjab Barat.

“Kami dari Tanjab Barat tidak minta banyak. Beberapa waktu lalu Pelabuhan Roro Kuala Tungkal telah mulai beroperasi dengan rute awal Tungkal – Dabo Singkep dan lanjut ke Batam. Kami telah ajukan proposal sejumlah Rp. 400M (milyar) untuk infrastruktur penunjang beroperasinya pelabuhan. Alhamdulillah sudah dikucurkan sejumlah Rp. 27M kepada Bapak Anggota DPR RI Dapil Jambi khususnya yang membidangi bidang infrastruktur dan juga Bapak dan Ibu perwakilan dari Kementrian PUPR dan Bappenas agar bisa terus membantu dan memperjuangkan program kami untuk kelancaran pelabuhan, karena potensi ekonomi yang akan dihasilkan cukup tinggi, terutama telah adanya MoU kerjasama ekonomi antara provinsi Jambi dan Kepri,” ujar wabup.

“Yang kedua kami ingin percepatan akses infrastruktur jalan dari Simpang Niam, Lubuk Madrasah, Lubuk Kambing. Jika ini sudah jadi akses antar kabupaten / kota di provinsi Jambi akan lebih cepat, mulai dari Muaro Bungo, Tebo, Tanjab Barat hingga ke Jambi.”

Menanggapi permintaan Wabup, Seketraris Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah Kementrian PUPR Dadang Rukmana mengatakan program yang disampaikan wabup sudah masuk semua di Bappenas dan Kementrian PUPR. “Untuk infrastruktur pelabuhan roro sudah masuk di tahun 2018, kemudian untuk jalan Lubuk Kambing – Simpang Nian juga sudah masuk di 2017. Untuk perkembangannya bisa koordinasi dengan Kepala Balai yang menangani wilayah Jambi,” jawab Dadang Rukmana.

Sebelumnya Gubernur Jambi mengungkapkan, bahwa di tahun 2018 Pemerintah Provinsi Jambi akan memprioritaskan program pembangunan infrastruktur jalan. “Perkembangan di Provinsi Jambi saat ini tidak terlepas dari membaiknya infrastruktur terutama jalan, maka pembangunan jalan kita dorong menjadi salah satu program prioritas, kita harus memberikan pelayanan yang optimal untuk masyarakat Jambi”, ujar Zola

“Kita sangat ingin mewujudkan Jambi Tuntas, saya harap dengan adanya rapat Musrenbang ini, kita dapat menyatukan program agar kedepannya bisa bersama menuju Jambi Tuntas 2021”, harap Zola.

Usai sambutan Gubernur, pembukaan Musrenbang RKPD Pemerintah Provinsi Jambi tahun 2018 ditandai dengan pemukulan gong oleh Gubernur Jambi zumi Zola dan dilanjutkan dengan penanda tanganan kesepakatan Musrenbang antara Pemerintah Provinsi Jambi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi.

Add Comment