diskominfo@tanjabbarkab.go.id 0742-21593

MENEBAR INOVASI GURU TANJAB BARAT DI TENGAH PANDEMI, SISWA SEMAKIN BERPRESTASI

Tanjab Barat,- Banyak hikmah dibalik Pandemi. Ada keterampilan baru yang muncul dari kegiatan belajar daring. Guru dan siswa dikenalkan dengan berbagai fitur aplikasi pembelajaran.

Banyaknya aplikasi pembelajaran yang terinstal di gawai para siswa akan mempersempit ruang aplikasi game online di dasboard mereka.

Pelatihan jarak jauh yang didapatkan guru di Propinsi Jambi dari Program PINTAR Tanoto Foundation berupa cara menggunakan zoom, google classroom, quizziz, google meet, dan aplikasi yang lain.

Seperti yang diutarakan Kiswanto, guru SDN 169/V Cinta Damai Tanjab Barat Jambi bahwa belajar dari rumah mendekatkan orang tua dengan siswa. Jika sebelumnya orangtua menyerahkan sepenuhnya belajar anak kepada guru di sekolah.

“Belajar dari rumah membuat orangtua sabar dalam mendampingi dan memahami secara langsung bagaimana perkembangan dan belajar putra putrinya,” ujar Kiswanto yang juga fasilitator Tanoto Foundation, Jum’at, (13/11/2020).

*Guru berinovasi siswa berprestasi*

Menurut Kiswanto, apa yang telah dipelajari berupa aplikasi pembelajaran akan sia-sia tanpa aktivitas belajar yang menarik dan membangkitkan semangat belajar siswa.

“Semua itu membutuhkan kreativitas dan inovasi seorang guru dalam merancang pembelajaran,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa seorang guru harus mengerti keinginan dan gaya belajar siswa. Dunia bermain adalah masa mereka, sehingga kita harus menyajikan pembelajaran yang sesuai dengan dunia mereka.

“Salah satu contohnya, game: memberikan nama sebuah daerah pada peta menggunakan aplikasi learning apps,” katanya.

Pihaknya berharap guru terus meningkatkan kompetensi mengajarnya, baik tatap muka atau daring, harus sama-sama mengadakan pembelajaran aktif.

“Teruslah berinovasi, agar siswa berprestasi,” pungkasnya.

 

sumber : Tanoto Foundation

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.