MANTAP, DESA KEMUNING BERSIAP MENUJU DESA SIAGA AKTIF

KUALA TUNGKAL – Desa Kemuning Kecamatan Bram Itam Kabupaten Tanjab Barat bersiap menuju desa siaga merupakan salah satu bentuk reorientasi desa yang memiliki pelayanan kesehatan dari sebelumnya bersifat sentralistik dan top down menjadi lebih partisipatif dan bottom up.

Demikian itu diungkapkan Kades Kemuning, Santoso, SE, dengan terbentuknya desa siaga aktif, pihaknya berharap agar seluruh masyarakat bisa terlibat langsung dalam seluruh kegiatan desa.

“Kita tengah mempersiapkan unsur-unsur yang harus dipenuhi untuk menjadikan Desa Kemuning Kecamatan Bram Itam menjadi Desa Siaga Aktif,” terang Santoso, Kamis (09/11/17).

Menurutnya, pendukung yang telah ada bidan desa, kader posyandu, kader KB dan kader Narkoba. Selanjutnya Pemerintah desa jga akan menganggarkan insentif untuk kader-kader kesehatan tersebut.

“Kemudian Desa Kemuning sudah dicanangkan sebagai Kampung KB di Kecamatan Bram Itam pada 11 Oktober 2017. Ini salah satu pendukung untuk tercapainya Desa Siaga Aktif,” terangnya.

Selanjutnya kata Santoso, untuk tercapainnya Desa Siaga Aktif, Pemerintah Desa Kemuning bersama bidan desa melakukan langkah-langkah, seperti validasi data keluarga, menggalang dana sehat, membentuk bank darah desa atau pendonor aktif, pelatihan kader kesehatan, mengadakan dan sosialisasi terkait dengan kesehatan, PHBS dan KB kepada masyarakat.

Terakhir kita juga berharap kepada Pemkab agar dapat memberikan bantuan Ambulan Desa. Dan kepada Dinas Kesehatan kita minta Fasilitasi dan bantuannya untuk segera tercapainya DESA SIAGA AKTIF.

Sebagaimana disebutkan dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 564/MENKES/SK/VI II/2006, tentang Pedoman Pelaksanaan Pengembangan Desa siaga. Bahwa Desa Siaga merupakan desa yang penduduknya memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan serta kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah-masalah kesehatan, bencana dan kegawatdaruratan kesehatan secara mandiri. disertai dengan pengembangan kesiagaan dan kesiapan masyarakat untuk memelihara kesehatannya secara mandiri. (Lintas Tungkal)

Add Comment