KERJASAMA EKONOMI DENGAN BATAM, PEMKAB AKAN LIBATKAN BUMD

KUALA TUNGKAL – Pemkab Tanjabbar melalui Bagian Perekonomian adakan rapat bersama OPD terkait dengan agenda menindaklanjuti MoU Kerjasama Ekonomi dengan Pemko Batam dan Kabupaten Kerinci di Ruang Rapat Wakil Bupati, Rabu (09/8/17).

Rapat dipimpin Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ir. Amdani disepakati MoU akan ditindaklanjuti dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Tanjab Barat dengan OPD Batam. Tahap awal dimulai dengan 3 OPD dan melibatkan BUMD.

Tiga OPD tersebut yakni Dinas KUKM & Perindag, Dinas Parpora dan Dinas Tenaga Kerja.

“Fungsi OPD ini adalah sebagai fasilitator, untuk pelaksanaannya dilakukan oleh BUMD Jabung Barat Sakti Holding Company Tanjab Barat. Kita akan fasilitasi BUMD untuk menjalin kerjasama dengan BUMD atau pengusaha yang ada di Batam,” ujar Amdani.

Dalam rapat itu, Kadis KUKM & Perindag Syafriwan, SE, mengatakan jika pihaknya siap untuk membantu memfasilitasi kerjasama ekonomi tersebut.

“Kita siap membantu BUMD, karena sejak awal telah beberapa kali menjalin komunikasi dengan Pemkot Batam dan pengusaha yang ada di Batam, sekarang tinggal tindak lanjut dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama,” ujarnya.

Sementara Dirut BUMD Jabung Barat Sakti, Muhib Thabri Ruslan, M.Hum menyambut baik dilibatkannya BUMD dalam kerjasama ekonomi ini.

“Kami sangat mengapresiasi dan menyambut baik dilibatkannya BUMD dalam kerjasama ini. Kami akan upayakan bagaimana produk-produk unggulan kita di Tanjab Barat bisa sampai ke Batam dan mengadakan kerjasama dengan pengusaha-pengusaha di sana. Ini peluang yang bagus untuk BUMD Tanjabbar,” ujarnya.

Menurutnya, dengan adanya kerjasama ekonomi ini diharapkan produk-produk unggulan Tanjab Barat seperti pinang, minyak goreng, kopi liberika dan lain-lain bisa dipasarkan di Batam. Ditambah lagi dengan telah dibukanya pelabuhan Roro dengan jalur Tungkal – Dabok – Batam. Dalam waktu dekat diharapkan bisa keluar izin trayek Tungkal langsung ke Batam.

Hadir juga dalam rapat kemarin, Kabag Ekonomi Selamet Aprijanto, SE, Kadis Perkebunan dan Peternakan Ir. Melambangun, Kadis Perikanan Ir. Zabur Rustam serta perwakilan OPD terkait lainnya.(ger)

Sumber : Lintas Tungkal


Di Publikasikan pada : 10/08/2017


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *