diskominfo@tanjabbarkab.go.id 0742-21593

KEMENAG TANJAB BARAT PERINGATI HARI AMAL BAKTI KE 72

KUALA TUNGKAL – Sebagai puncak kegiatan memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke-72, Kantor kementrian Agama Kabupaten Tanjab Barat menggelar upacara bendera dan tasyakuran.

Upacara peringatan HAB ke 72 ini dihadiri Bupati Tanjab Barat DR. Ir. H. Safrial, MS sekaligus bertindak selaku Insepktur upacara di halaman Kantor Kemenag Jalan Prof. Sri Sudewi, MS SH, Rabu pagi (03/01/18).

Dikesempatan itu Bupati H. Safrial selain membacakan Amanat Menteri Agama RI, Drs. H. Lukman Hakim Saifuddin. Bupati atas nama Pemkab Tanjab Barat menyampaikan selamat HAB ke 72 kepada Keluarga Besar Kemenag Kabupaten Tanjab Barat seraya mengajak turut aktif berperan untuk kemajuan Kabupaten Tanjab Barat, khususnya dalam menjaga kerukunan umat beragama.

“Tanggal 3 Januari 1946 merupakan hari pertama kali berdirinya kemenag sebagai bagian dari perangkat bernegara dan berpemerintahan,” ujar Bupati.

Sebagaimana dikatakan Menteri Agama dalam amanatnya, kata Bupati, bahwa sejak 1946 kementerian agama hadir untuk mengatur, membimbing, melayani, dan melindungi semua pemeluk agama di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Menteri Agama juga menyampaikan salah satu tugas kementerian agama adalah untuk mengawal dasar negara yaitu Pancasila yang di dalamnya mengandung nilai-nilai agama dan mencerminkan jati diri bangsa Indonesia. Melebarkan akses pendidikan agama dan keagamaan yang bermutu, memberikan pelayanan keagamaan sesuai kebutuhan, serta menjaga kerukunan hidup antar umat beragama penting untuk dijalankan,” tutup Bupati.

Usai upacara, dilangsungkan tasyakuran di aula Kankemenag. Kedua acara ini dihadiri oleh Ketua DPRD Tanjab Barat Faizal Riza, ST, MM, Jajaran Forkopinda Kakan Kemenag Buhari Y, S.Pd, M.HI dan unsur pegawai Kemenag, guru madrasah, guru PAI serta para pelajar MI, MTs dan Aliyah.

Selain itu hadir juga pihak-pihak/stakeholder luar, seperti Baznas, MUI, FKUB, tokoh agama, ormas dan bank-bank yang bekerjasama dalam penyelenggaraan ibadah haji dan tamu undangan lintas agama.

Kepala Kemenag Tanjab Barat H. Buhari Y, S.Pd, M.HI, mengatakan selain upacara dan tasyakuran, dalam rangka HAB ke 72, pihaknya telah melaksanakan berbagai kegiatan lomba dan Baksos Sunatan masal gratif oleh KKG & MGMP PAI pada 28 Desember 2017.

“Diharapkan kegiatan yang telah digelar diharapkan bisa menjalin silaturahmi serta menunjukkan eksistensi Kementerian Agama dalam melayani kebutuhan masyarakat Tanjab Barat,” ujarnya.

Momentum HAB ke 72 ini, lanjut Buhari berharap, seluruh ASN di Kemenag Tanjab Barat bisa meningkatkan loyalitasnya kepada lembaga serta meningkatkan penerapan lima budaya kerja serta mempertahankan prestasi yang telah dicapai kemenag selama ini.

Beberapa prstasi itu kata Buhari, opini WTP dari BPK, indek kepuasan pelayanan haji yang meningkat, begitu pula dalam pelayanan menikan di KUA lingkup Kemenag dan indeks Kerkunan umat beragama berada diangka positif.

Sumber : Lintas Tungkal

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.