KEJAR PEMBANGUNAN PLTG, BUPATI SAMBANGI PLN PUSAT

Untuk mengatasi permasalahan listrik yang merupakan salah satu program prioritasnya di awal kepemimpinan, Bupati Tanjung Jabung Barat DR. Ir. H. Safrial MS mengunjungi Kantor Pusat PT PLN di Jakarta untuk membahas percepatan pembangunan dan pengoperasian PLTG 3 di Kabupaten Tanjab Barat, Selasa (23/7).

Kunjungan Bupati didampingi Anggota Komisi VI DPR RI Dapil Jambi yang membidangi BUMN, M. R. Ihsan Yunus, MeconStd, Ketua DPRD Tanjab Barat Faizal Riza, ST, MM, Dirut BUMD Jabung Barat Sakti Ir. Yusal, Anggota DPRD Frkasi PDIP Hj. Cici Halimah, SE serta staf lainnya dan disambut jajaran Direksi PT. PLN

Dalam pertemuan yang berlangsung di Ruang Rapat Lantai 5 KSGBM Kantor PLN Pusat itu Bupati H. Safrial, menjelaskan permasalahan listrik di Tanjab Barat dan upaya yang telah dilakukan oleh Pemkab untuk mengatasi permasalahan listrik di Tanjab Barat termasuk upaya pembangunan PLTG 3. Safrial mengungkapkan, pelayanan listrik yang buruk akan berdampak pada pertumbuhan usaha di Tanjab Barat. Hal ini juga akan berpengaruh pada lambatnya peningkatan pertumbuhan ekonomi di Tanjab Barat. Sehingga berbagai langkah dan upaya dilakukan untuk mengatasi krisis listrik di Tanjab Barat segera dilakukan, kata Bupati dalam pertemuan tersebut.

Menurut Bupati, BUMD Jabung Barat Sakti telah bekerjasama dengan PT CNG membentuk Perusahaan JVCo. PT Gemilang Jabung Energi yang didalamnya terdapat BUMD Kabupaten Tanjung Jabung Barat sebagai penerima alokasi gas bumi dari Petrochina. Untuk itu Bupati meminta kepada pihak PLN sebagai pengelola usaha kelistrikan untuk memberikan dukungan sepenuhnya untuk pasokan listrik.

Bupati juga menegaskan kiranya hal ini benar-benar menjadi perhatian PLN dan benar-benar komit untuk membantu permasalahan listrik Tanjab Barat. Beliau juga menyampaikan bahwa hasil pertemuan hari ini untuk ditindaklanjuti secepatnya.

“Jika kita ingin maju listrik harus terpenuhi, karena energi listrik bukan lagi kebutuhan yang mewah, tetapi merupakan kebutuhan dasar manusia modern, sehingga program untuk mengatasi krisis listrik di Tanjab Barat perlu dikawal terus,” katanya.

Permintaan Safrial ini disambut positif oleh PLN dan pihak PLN memastikan bahwa tambahan daya listrik di Tanjab Barat segera terealisasi.

Selain itu, Keinginan Bupati Tanjab Barat ini mendapat dukungan penuh dari anggota DPR RI Ihsan Yunus serta Ketua DPRD Tanjab Barat Faizal Riza.

Kadis ESDM Tanjab Barat Yon Heri yang hadir pada pertemuan tersebut mengatakan bahwa tindak lanjut pertemuan dimaksud akan dilakukan segera melalui langkah-langkah teknis operasional.

Tindaklanjut dimaksuk lanjut Yoh Heri, “Pertama, PT GJE akan membahas PJBG dengan PT TJP untuk suplay gas paling lambat Minggu ke 4 bulan Agustus 2016 dan akan dimediasi oleh PLN. Kedua, PT GJE akan membangun pipa 3 km kepembangkit PT TJP yang akan dimasukan dalam perhitungan toll fee. Ketiga, Pembahasan amandemen PPA akan diselesaikan paling lambat pada minggu ke 2 bulan September 2016,” ujarnya.

Add Comment