KADES TANJUNG SENJULANG BEKALI PEMUDA DENGAN SDM PERBENGKELAN DAN TATA RIAS

BRAM ITAM – Pemerintah Desa Tanjung Senjulang konsen membekali para muda mudi daerahnya dengan Sumber Daya Manusia yang berguna untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, agar bisa mandiri terhadap kehidupannya serta berkontribusi pada lingkungan sekitar.

Kontribusi yang diberikan Pemdes Tanjung Senjulang itu berupa keterampilan pelatihan dasar bengkel elektronik dan bengkel otomotif sepeda motor dan keterampilan tata rias.

Kegiatan tersebut sekaligus dibuka dan diresmikan oleh Kades Tanjung Senjulang, H. Mardani di Aula Kantor Desa Tanjung Senjulang, Selasa pagi (26/12/17).

H. Mardani, Kades Kades Tanjung Senjulang mengatakan keterampilan bengkel untuk para pemda dan tata rias untuk para ibu rumah tanga dan remaja purti itu merupakan bagian dari program pemberdayaan masyarakat dalam mengemangkan potensi warga.

Pelatihan bengkel sendiri ditujukan kepada pemuda yang ingin memiliki kemampuan dan melatih dirinya di bidang tersebut agar kelak memiliki keahlian. Sehingga secara mandiri bisa memiliki penghasilan dari keahlian yang diajarkan melalui pelatihan tersebut.

“Diharapkan kedepan ada montir-montir elektronik dan motor yang terdidik di Desa Tanjung Senjulang, dari yang telah ada saat ini yang mungkin masih sebatas pengetahuan otodidak,” ujar H. Mardani.

Menurut Kades, dipilihnya perbengkelan atas kesepakatan para pemuda karang taruna, sebab melihat peluang usaha benglek elekto maupn motor ini sangat menjanjikan, hampr semua penduduk punya elektro, seperti televisi, VCD player, kipas angin dan seagainya demikian juga sepeda motor.

“Nah, di sisi lain kita melihat tentu dibutuhkan orang yang memiliki kemampuan merawat atau memperbakinya jika rusak. Peluang ini selagi ada kemauan dan ditekuni secara professional tentu tidak ada matinya, demikian pula tata rias, baik untuk keperluan pengantin maupun acara lainnya,” sebutnya.

Mardani pun menjelaskan bahwa pelatihan ini menjadi langkah awal untuk membentuk wirausaha baru di Desa Tanjung Senjulang. Dan pemuda pun diarahkan untuk mandiri lewat ilmu perbengkelan dan tata rias tersebut.

“Alhamdulillah kedua Pelatihan ini disambut antusias peserta. Karena memeng itu merupakan usulan mereka,” terangnya.

Untuk diketahui pelatihan tersebut telah berlangsung hari ini tanggal 26 hingga 27 Desember 2017. Untuk perbengkelan ditempatkan di Madrasah, sementara tata rias di Kantor Desa.

“Untuk bengkel sepeda motor pelatih sdr Warmono, Kepala Bidang Mekanik Yamaha Mataram Sakti Kuala Tungkal. Sedangkan bengkel elektronik sdr Husni dari Seberang Kota. Kemudian tata rias sdr Usman dari Kuala Tungkal,” pungkasnya.

Sumber : Lintas Tungkal

Add Comment