diskominfo@tanjabbarkab.go.id 0742-21593

HAUL AKBAR AL-HABIB SAYYID IDRUS BIN HASAL ALJUFRI DI MASJID AL-IKHSANIYAH

Wakil Wali Kota Jambi Dr. H. Maulana, MKM hadiri Haul Akbar Al-Habib Sayyid Idrus bin Hasal Aljufri atau Pangeran Wirokusumo, bertempat di Masjid Al-Ikhsaniyah Olak Kemang Jambi Kota Seberang (19/1).

Pangeran Wirokusumo adalah salah satu penyebar agama islam di Kota Jambi, terutama di kawasan Jambi Kota Seberang pada tahun 1822 masehi. Beliau mendapat gelar Pangeran Wirokusumo karena menikahi sepupu dari Raja Jambi Sultan Thaha.

Beliau juga yang mendirikan pertama kali masjid Al-Ikhsaniyah. Selain sebagai seorang ulama, Pangeran Wirokusumo adalah seorang saudagar dan pedagang yang ulung dimasanya.

Antusias warga masyarakat, baik dari Kota Jambi, luar provinsi, maupun luar negeri, begitu besar untuk mengikuti haul ini. Setiap tahunnya, haul ini memang makin semarak dan makin banyak diikuti oleh jamaah.

Haul Akbar dikawasan Jambi Kota Seberang memang menjadi salah satu wisata religi unggulan Kota Jambi dan menjadi agenda tahunan yang selalu di dukung penuh oleh Pemkot Jambi.

Sesuai dengan rencana strategis Kota Jambi, kawasan Jambi Kota Seberang akan dijadikan cagar budaya dan kawasan wisata religi di Kota Jambi.

“Kegiatan ini akan berdampak positif, multiplier effect dalam memajukan taraf ekonomi warga setempat. UMKM akan tumbuh berkembang demgan baik, masyatakatpun akan menikmati manfaatnya”, Ujar Dr. Maulana.

 

Sumber : https://nuansajambi.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.