EMPAT PUSKESMAS DI TANJAB BARAT SERTIFIKAT AKREDITASI DASAR DAN MADYA

KUALA TUNGKAL – Keseriusan Pemkab Tanjab Barat dalam meningkatkan mutu dan pelayanan kesehatan masyarakat telah menujukan kemajuan. Hal itu dibuktikan oleh empat Puskesmas telah mendapatkan pengakuan Sertifikat Akreditasi DASAR dan MADYA dari Tim Independen Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2017.

Keempat puskesmas tersebut, yakni PKM II Kuala Tungkal, PKM Desa Suban, PKM Sungai Saren dan PKM Purwodadi.

Sertifikat diserahkan langsung oleh Bupati Tanjab Barat DR. Ir. H. Safrial, MS kepada para Kepala Puskesmas bersangkutan seusai memimpin Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional di Halaman Kantor Bupati, Jum’at (17/11/17).

Bupati H. Safrial menyatakan bahwa sertifikat yang telah diterima hendaknya dapat menjadi pemicu untuk tetap  mempertahan kinerja pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat yang akan berdampak pada meningkatnya penilaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Bumi Serengkuh Dayung Serentak Ketujuan ini.

“Kita bersyukur karena 4 Puskesmas daerah ini sudah mendapatkan pengakuan dari Kementrian Kesehatan terkait keberhasilan dan pelayanan yang diberikan ke 4 Puskesmas tersebut kepada masyarakat,” katanya.

Kategori yang diterima ini harus ditingkatkan hingga ke level PARIPURNA. Dan untuk puskesmas yang belum terakreditasi agar segera menyelesaikan akreditasinya,” tukasnya.

Kepala Dinkes Tanjab Barat dr. Hj. Andi Pada, M.Kes melalui Kasi Pelayanan Kesehatan Primer dan Tradisional, Rita Herawati, menyebutkan keempat PKM yang mendapat pengakuan Akreditasi tersebut dua kategori.

“Untuk PKM Purwodadi Akreditasi kategori MADYA. Sedangka 3 PKM lainnya Akreditasi kategori “DASAR”, jelasnya.

Rita menambahkan pada tahun 2017 ini juga ada 5 Puskesmas yang sudah menjalai surve atau penilaian akreditasi, yakni PKM 1 Kuala Tungkal, PKM Sukarejo, PKM Teluk Nilau dan PKM Rantau Badak dan PKM Pijoan Baru.

Dia berharap dari 16 Puskesmas yang ada di Kabupaten Tanjab Barat ini semuanya bisa mendapatkan Sertifikat Akreditasi.(Lintas Tungkal)

Add Comment