E-MUSRENBANG DI KECAMATAN TUNGKAL ULU BERJALAN LANCAR

TUNGKAL ULU– Pemerintah Kecamatan Tungkal Ulu, Kabupaten Tanjab Barat menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2019 berbasis elektronik, Senin (22/01/18).

Musrenbang digelar di Kantor Camat Tungkal Ulu ini dihadiri Anggota DPRD Tanjab Barat Dapil IV Hamdani, SE, perwakilan OPD Tanjab Barat,,Kapolsek Tungkal Ulu IPTU Hermanto, SH, Danramil 419-02/TU, Bappeda, Ketua BPD, para Kades, Lurat, RT serta Tokoh masyarakat dan ormas serta PKK.

Dalam penyampiannya Camat Tungkal Ulu Johan Hendri Broring, S.STP menyatakan bahwa Musrenbang kali ini
dilaksanakan secara elektronik (E-Musrenbang) seluruh kesepakatan yang diputuskan dan disepakati dapat diakses oleh masyarakat sebagai insformasi program kegiatan pembangunan di wilayah Kecamatan Tungkal Ulu
tahun 2019.

30 usulan yang disepakati dalam Musrenbang hari, kata Johan menyampaikan semua berawal dari usulan yang
disampaikan dan disepakati dari Musrenbang tingkat desa dan kelurahan.

“Setiap desa ada 3 usulan. 2 usulan prioritas dan 1 usulan cadangan, usulan mencakup bidang pembangunan
infrastruktur, ekonomi, pertanian dan lainnya,” ungkap Johan.

Lanjut Johan menjelaskan, banyaknya usulan bidang infrastruktur ini datang dari masyarakat desa dan kel Tungkal Ulu yang memang tidak terkafer oleh dana desa.

Terkait aplikasi E-Musrenbang, disebutkan Camat Tungkal Ulu sangat apresiasi atas tekad Bupati dan Wabup yang telah melakukan inovasi-inovasi telkologi informasi diterapkanya apilkasi E-Musrebnang tahun ini. Aplikasi tersebut sangat membantu dan memudahkan dalam Musrenbang.

Meski sukses pelaksanaan Musrenbang dengan aplikasi online tersebut, diakui Johan masih terkendala terutama
jaringan internet yang tidak stabil, karena itu pihaknya mohon Dinas Kominfo dapat mengakomodir penyediaan jaringan internet d Kecamatan Tungkal Ulu.

Dirinya berharap agar usulan-usulan dari desa/kelerahan tersebut dapat diakomodir pada APBD 2019. Karena
sebagian besar usulan itu adalah pengulangan dari usulan tahun-taun sebelumnya. Artinya ini memang sangat didambakan oleh masyarakat kami di Kecamatan Tungkal Ulu yang tersebar di 9 desa dan 1 kelrahan.

Kemudian atas nama masyarakat Johan juga berharap kepada Anggota DPRD Tanjab Barat dapil IV, bapak Hamdani, SE yang sekaligus Ketua Komisi III dan anggota DPRD dapil IV lainnya dapat mendukung dan ikut mengawal usulan-usulan yg tertuang dalam musrenbang ini. Sehingga terwujud pembangunan yang adil dan merata.

“Sekali lagi kami sangat berharap usulan dalam Musrenbang 2019 ini terakomodir dan terkombinasi dengan kegiatan pada dinas-dinas teknis Kabupaten. Sehingga dapat memberi manfaat dalam meningkatkan perekonomian daerah, khususnya masyarakat Tungkal Ulu dan sekitarnya,” tukasnya..

Sementara Istiqalia, ST, Kabid Penelitian, Pengembangan dan Data Babppeda Tanjab Barat pada kesempatan
ini selain menapresiasi pelaksanaan Musrenbang berbasis e-musrenbang di Kecamatan Tungkal Ulu dapat terlaksana.

Dalam kesempatan ini juga Bappeda menyampaikan beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan pada 2018 di
Kecamatan Tungkal Ulu yang bersumber dari APBD Tanjab Barat.

Beberapa bidang tersebut diantaranya, Pemingkatan jalan poros dari Jalan Lintas Timur menuju RT 01 Desa
Gemuruh. Pengaspalan Jalan Lokasi RT 08 menuju RT 09 Desa Pematang Tembesu. Pembuatan Lapangan Volly RT 05 Dusun III Desa Tanjung Tayas. Pembuatan 2 Unit Pintu Air Desa Gemuruh,” bebernya.

Sumber : Lintas Tungkal

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.