diskominfo@tanjabbarkab.go.id 0742-21593

CICI HALIMAH : PKK MOTOR PENGGERAK PERUBAHAN DI MASYARAKAT.

Hakekat pembangunan nasional adalah pembangunan manusia seutuhnya dan pembangunan masyarakat Indonesia, seluruhnya yang akan terwujud apabila kesejahteraan keluarga dan masyarakat dapat dilaksanakan dengan baik antara lain dengan Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Prinsip Gerakan PKK adalah pemberdayaan dan partisipasi masyarakat yang bersifat universal dan independen dengan Visi mewujudkan keluarga yang yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera lahir dan batin. Demikian disampaikan Hj. Cici Halimah Safrial, SE Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanjung Jabung Barat pada Studi Komparatif PKK di Desa Gading Kecamatan Playen Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta, Rabu 27 Desember 2019.

Studi Komparatif TP-PKK Kab. Tanjab Barat ini diterima langsung oleh Ketua TP-PKK Kab. Gunung Kidul Dra. Zultiyanti Immawan, MA, Ketua TP-PKK Kecamatan Slayen, Ketua TP-PKK Desa Gading Atun, S.Pd.Bio, Forum Komunikasi Pimpinan Desa Gading serta anggota dan pengurus TP-PKK Desa Gading.

Cici Halimah mengatakan, dipilihnya TP-PKK Desa Gading ini sebagai tujuan Studi Komparatif TP-PKK Kabupaten Tanjung Jabung Barat karena di Desa Gading ini para Ibu telah mampu menjadi motor penggerak perubahan. Salah satu keberhasilan TP-PKK Desa Gading yaitu Juara III Lomba Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (HATINYA) PKK Tingkat Nasional Tahun 2018 dimana sebelumnya Desa Gading Playen ini Juara I Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2017 pada lomba yang sama. Keberhasilan yang diraih TP-PKK Desa Gading pada Lomba Tingkat Nasional HATINYA PKK Tahun 2018 tersebut bukanlah hal yang mudah. Secara topografi, Desa Gading termasuk berada di daerah perbukitan dan pegunungan kapur yang dikenal sebagai daerah tandus dan sering mengalami kekeringan ditambah secara geografis Desa Gading ini hamparan dan landai.

Selain itu, keberhasilan Ketua TP-PKK Desa Gading Atun, S.Pd.Bio menjadi Juara I Tingkat Nasional sebagai Penyuluh Ketahanan Pangan Keluarga pada Jambore Nasional Kader PKK Tahun 2018 juga menjadi inspirasi karena banyak program inovasi yang dilakukan khususnya pemanfaatan lahan pekarangan untuk kesejahteraan masyarakat, tambah Cici Halimah.

Usai tukar menukar cinderamata, Cici Halimah Safrial, SE didampingi para Wakil Ketua TP-PKK Kab. Tanjab Barat mengatakan salah satu ilmu yang didapat di Desa Gading ini adalah semangat kerja keras dan gotong royong masyarakat Desa Gading menjadikan Gunungkidul menjadi lebih hijau patut dicontoh. Bagaimana sebuah desa yang awalnya cenderung tandus kering kerontang menjadi Desa yang hijau tidak hanya di lahan-lahan besar tetapi lahan pekarangan rumah pun menjadi hijau. Cici berharap para Ketua TP-PKK Kecamatan dan para Camat Se-Kab. Tanjab Barat yang ikut pada Studi Komparatif ini mampu mengikuti jejak TP-PKK Desa Gading dalam mensejahterahkan masyarakat karena keluarga yang sehat menjadikan masyarakat sehat, keluarga mandiri cerminan masyarakat yang mandiri

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.