diskominfo@tanjabbarkab.go.id 0742-21593

CAMAT PENGABUAN LEPAS FESTIVAL ARAKAN SAHUR RAMADHAN TINGKAT KECAMATAN PENGABUAN UNTUK MELESTARIKAN BUDAYA

TANJAB BARAT – Festival Arakan Sahur Ramadhan 1440 H/2019 M tingkat Kecamatan Pengabuan secara resmi dibuka dan dilepas oleh Camat Pengabuan, Hermansyah, S.STP, MH, bertempat di halaman Kantor Camat Pengabuan, Kabupaten Tanjab Barat, Minggu (11/5/19) sekitar pukul 23.30 WIB.

Hadir pada acara tersebut yakni, perwakilan Polsek Pengabuan, Kepala Instansi se-Kecamatan Pengabuan, Para Kades/Lurah, kepala SMA N 1 Pengabuan, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, remaja masjid dan ratusan masyarakat teluk nilau.

Camat Pengabuan Hermansyah, S.STP, MH saat dalam sambutannya mengatakan, kegiatan festival arakan sahur tingkat Kecamatan Pengabuan ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahunnya pada bulan suci ramadhan yang bertujuan untuk melestarikan budaya masyarakat yang sudah menjadi wisata religi di Kabupaten Tanjab Barat.

“Selain itu, festival arakan sahur ini juga bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar warga sekaligus menjadi hiburan warga Kecamatan Pengabuan di bulan Ramadhan.

Dan, yang tidak kalah pentingnya, tentunya kegiatan ini menjadi wahana yang positif bagi anak anak dan remaja di wilayah Kecamatan Pengabuan khususnya Teluk Nilau dan sekitarnya, dalam berkreasi sehingga terhindar dari kegiatan yang mengarah ke hal hal yang negatif,” ujar Camat Pengabuan

Sambung Camat Pengabuan mengatakan, festival arakan sahur ramadhan adalah tradisi turun temurun dan sudah menjadi wisata religi. Seperti yang kita ketahui bersama, tiap tahunnya kegiatan ini selalu digelar oleh Pemerintah Kabupaten Tanjab Barat, tepatnya di Kota Kuala Tungkal.

“Kita, dari Kecamatan Pengabuan menggelar kegiatan serupa ini mencontoh dari yang ada di Kabupaten, dalam hal ini mencontoh yang positif, yang pada intinya kita dari Kecamatan juga ingin membantu melestarikan budaya “arakan sahur” yang sudah menjadi tradisi turun temurun ini,” tuturnya

“Untuk peserta festival arakan sahur tingkat Kecamatan Pengabuan ini terdiri dari remaja remaja masjid, langgar maupun surau dan kelompok pemuda yang ada di Kecamatan Pengabuan. Dan, nantinya, para pemenang akan diberikan trofi tetap, uang pembinaan dan trofi bergilir bagi juara umum,” tambahnya (Sj)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.