CAMAT MUARA PAPALIK AJAK SELURUH WARGANYA JADI PESERTA JKN

MUARA PAPALIK – Kecamat Muara Papalik mentargetkan hingga 1 Januari 2019, seluruh warganya akan terdata sebagai peserta program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS). Sesuai dengan roadmap JKN-KIS 1 Januari 2019 seluruh masyarakat Indonesia wajib menjadi peserta JKN-KIS.

Untuk mendogkrak capaian tersebut pihak Kecamatan Muara Papalik menggelar Sosialisasi dengan mengandeng BPJS serta melibatkan perusahaan dan KUD yang ada di Muara Papalik.

Drs. Ridwan, Camat Muara Papalik mengungkapkan hingga saat ini telah ada sekitar 40 % lebih masyarakat Kecamatan Muara Papalik yang telah menjadi peserta keanggotaan Jaminan Kesehatan Nasional KIS.

“Sudah sekitar 40 persen telah menjadi peserta JKN, kita berharap dengan sosialisasi terkait JKS-KiS hari ini akan bertambah,” ungkap Ridwan di Muara Papalik Kamis (02/11/17).

Dirinya menyampaikan, langkah yang dilakukan selain sosialisasi dari tingkat Kecamatan hingga kelurahan dan desa yakni koordinasi dengan seluruh pihak terkait seperti puskesmas dan perusahaan maupun KUD.

“Koordinasi dengan puskesmas untuk mengecek dan mendata masyarakat yang datang berobat namun belum terdaftar sebagai peserta JKN,” katanya, demikian pula perusahaan, perusahaan harus bertanggungjawab untuk mengkafer seluruh karyawan menjadi peserta JKN-KIS

Hal yang sangat mendukung pula, kata Ridwan, beberapa KUD yang ada di Kecamatan Muara Papalik sepakat untuk ikut keanggotaan JKN, mereka akan sosialisasi kepada seluruh anggotanya.

“Para KUD akan mengadakan sosialisasi mengandeng BPJS sekaligus mengembalikan blangko pendaftaran keanggotaan BPJS sebelum tanggal 15 November. Dan diharapkan pada Desember 2017 telah menerima kartu keanggotaan JKN-KIS,” tukasnya. (Lintas Tungkal)

Add Comment