BUPATI TINJAU LOKASI PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT MERLUNG

KUALA TUNGKAL – Guna memenuhi pelayanan kesehatan hingga ke masyarakat bawah, Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat bakal membangun rumah sakit umum pratama tipe D di Kecamatan Merlung.

Bupati Tanjabbar H. Safrial mengatakan pembangun Rumah Sakit Sakit di Merlung guna mendekatkan dan memenuhi stnadar pelayanan kesehatan masyarakat di wilayah Ulu, agar masyarakat dapat merasakan pelayanan kesehatan yang lebih baik.

“Tanah untuk pembangunan rumah sakit ini sudah disediakan seluar ± 5 hektar di RT 01 Jalan Merangin, Kelurahan Merlung,” ujar Safrial di sela mengunjungi ke lokasi pembangunan RSU di Merlung, Ribu (02/8/17).

Menurutnya, selama ini masyarakat di 6 Kecamatan Ulu, terlalu jauh jarak tempuhnya untuk ke RSUD Daud Arif Kuala Tungkal. Sehingganya masyarakat lebih memilih ke Jambi atau Kabupaten tetangga, jadi sudah sepantasnya RSU di Merlung ini di bangun.

“Insya Allah tahun ini akan kita mulai pembangunannya, lahan tersebut sudah memenuhi standar untuk pembangunan sebuah rumah sakit,” kata

Sementara Plt. Kadis Kesehatan dr. Monang, menjelaskan RSUD yang dibangun di Merlung nantinya rumah sakit Pratama tipe D, kemudian bertahap ditinngkatkan menjadi RSUD tipe C Rujukan.

Menurut dia, dengan dibangunnya rumah sakit tipe D di merl ini diharapkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat bisa lebih dekat dan cepat.

“Dengan rumah sakit tipe D itu nantinya pelayanan akan lebih banyak mulai dari pelayanan medik, kefarmasian, layanan keperawatan, kebidanan, penunjang klinik, nonklinik dan rawat inap,” ujarnya.

Lantas bagaimana dengan Kecamatan lain yang juga jauh akibat akses transportasi, Monang mengatakan sesuai visi Bupati Poskesmas di tiap Kecamatan akan ditingkatkan statusnya menjadi Puskesmas Rawat Inap.

Turut serta dalam peninjauan kemarin Plt. Kadis Kesehatan dr. Monang, Kabid Cipta Karya DPU Safrun, ST, Kabag Umum Setda Ariyanto, SE, Camat Merlung Zulkarnain, Kepala Puskesmas Merlung, pihak konsultan juga turut meninjau lokasi.

Sumber : Lintas Tungkal

Add Comment