Bupati Buka Raker Kepala Desa/Lurah Dalam Kabupaten Tanjung Jabung Barat

Kuala Tungkal – Bertempat di Gedung Pola Kantor Bupati Kuala Tungkal, Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Usman Ermulan, MM menghadiri  Acara Raker Kepala Desa/Lurah dalam Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kamis 03 November 2011.

Acara dilaksanakan pada hari Kamis pukul 09.00 WIB, turut Hadir sebagai undangan dalam Pembukaan Raker Asisten, Staf Ahli, Kepala SKPD serta Para Peserta Raker yang terdiri dari Camat dan Kepala Desa/Lurah se Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Berawal dari UU Nomor 5 Tahun 1979, menyusul kemudian UU Nomor 22 tahun 1999 dan sekarang UU Nomor 32 Tahun 2004, Desa bergerak kemasa depan demi terwujudnya kesejahteraan bagi seluruh rakyat Desa dan kelurahan. Dalam Tata Pemerintahan, Desa merupakan unit terkecil dalam Struktur Organisasi Birokrasi Formal di Indonesia. Sejak jaman Pemerintahan Hindia Belanda, desa mengalami perubahan, ada kemajuan yang lamban tapi nyata. Namun cirri khasnya sebagai basis terbawah dari struktur masyarakat Indonesia tetap bertahan bahkan cenderung dipertahankan.

Dalam sambutannya Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Usman Ermulan, MM mengatakan bahwa kita semua patut bersyukur karena tepat pada Tanggal 17 Oktober 2011 yang lalu sejarah kembali terukir tentang perkembangan unit terkecil dalam struktur organisasi birokrasi formal didaerah tanjung jabung barat yaitu Desa/Kelurahan dimana telah disahkannya 13 Raperda tentang Pemekaran Desa/Kelurahan. Dengan disahkannya Raperda tersebut berarti jumlah Desa yang semula berjumlah 54 Desa ditambah 60 Desa Baru sehingga menjadi 114 Desa dan Kelurahan semula berjumlah 16 Kelurahan ditambah 4 Kelurahan baru sehingga menjadi 20 kelurahan. Maka secara keseluruhan Jumlah Desa/Kelurahan berjumlah 70 Desa/Kelurahan berkembang menjadi 134 Desa/Kelurahan.

Dalam kesempatan sama Bupati Tanjung Jabung Barat mengharapkan agar semua peserta dalam Raker ini untuk mengikuti Raker ini sampai tuntas. Amati materi yang disampaikan dan setibanya di Desa agar hasil Raker ini disosialisasikan kepada seluruh masyarakat. Selain itu juga Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H Usman Ermulan, MM mengingatkan agar bekerjalah secara bersinergi, baik dengan antar komponen masyarakat maupun Pemerintah Daerah terutama bekerjasama yang baik dalam unsure pemerintah desa sehingga tidak terjadi kontra produktif dan instabilitas dalam Pemerintahan, pembangunan dan Kemasyarakatan,  pergunakan alokasi dana desa secara efektif dan efisien serta baik dan benar, kelola TKD secara baik sesuai dengan ketentuan yang ada, sebagai Kepala Desa dan Lurah Laksanakan tugas, wewenang dan kwajiban dengan baik, segera samapaikan laporan bulanan yang menjadi tugas seperti Buku Harian Kades dan Lurah dan kepada para Camat serta Dinas/Instansi terkait beliau juga menekankan untuk terus memfasilitasi Pemerintah Desa dan Memberikan Pembinaan.(DG)

Bagian Humas Setda Tanjab Barat

Add Comment