BKPDSM TANJAB BARAT GELAR SEMINAR AKHIR AKTUALISASI PESERTA DIKLAT PRAJABATAN

KUALA TUNGKAL – Dalam rangka meningkatkan mutu dan profesional kerja PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanjab Barat, BKP-SDM Tanjab Barat melaksanakan Seminar Akhir Aktualisasi bagi 34 CPNS Golongan III yang mengikuti Diklat Prajabatan Angkatan II Tahun 2017.

Kegiatan Seminar Akhir Aktualisasi tersebut dilaksanakan di Kampus Balai Diklat BKP-SDM Tanjab Barat oleh Widyaswara BPSDM Provinsi Jambi, Selasa (14/11/17).

Kepala BKP-SDM Tanjab Barat, Drs. Encep Jarkasih melalui Kabid Pengembangan Kompetensi Apatarur Sipil, Ade Refiana, S.STP, mengatakan bahwa sidang atau Seminar Akhir Aktualisasi bagi CPNS peserta Diklat Prajabatan ini merupakan rangkaian kegiatan aktualisasi Dasar CPNS dari segala yang dilaksanakan di luar kampus.

Hal itu mengacu pada Peraturan Kepala LAN No. 38 Tahun 2014 yang intinya kompetensi yang dibangun tidak berhenti pada tataran kognitif, namun juga pada tataran efektif yang nyata dalam bentuk aktualisasi kompetensi di tempat kerja.

Lanjut Ade, untuk mengaktualisasikan materi atau pelajaran yang didapatkan selama di kelas. Dan setelah kembali dari tempat tugasnya, peserta diwajibkan untuk mempresentasikan hasilnya dalam bentuk sidang atau seminar akhir aktualisasi dengan didampingi oleh Mentor ykani salah satu pejabat instansinya.

“Inilah aktualisasi dari apa yang mereka rencanakan di instansi penempatan mereka, setelah mereka keluar dari
kampus kemaren (on off campus red), rancangan tersebut sebelumnya juga telah diseminarkan,” jelasnya.

Jadi setelah ini diharapkan ada terjadi perubahan yang signifikan dari peserta pelatihan sehingga mereka menjadi PNS yang professional di bidang mereka masing masing.

Sementara Widyaiswara dari BPSDM Provinsi Jambi Bailah, S.Si.Apt, M.Si, selaku penguji mengungkapkan bahwa Seminar akhir akualisasi bag peserta Prajabatan bertujuan agar PNS dapat lebih mendalami pekerjaan dan memiliki integritas yang tinggi sebagai aparatur negara.

“Karena saat ini setiap PNS dituntut untuk memiliki kompetensi dan integritas serta keterampilan sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat,” tukasnya.(Lintas Tungkal)

 

Add Comment