BERAGAM SUKU DAN AGAMA, BUPATI TANJABBAR CANANGKAN KKUB

Kuala Tungkal – Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat berencana bakal mencanangkan Kelurahan Sungai Nibung Kecamatan Tungkal Ilir sebagai kampung kerukunan umat beragama (KKUB).

Akan terbentuknya kampung umat beragama ini, Bupati Tanjabbar Dr Ir H Safrial MS mengungkapkan, tidak lepas dari Tanjabbar yang penduduknya terdiri dari berbagai etnis dan macam suku dan agama seperti Melayu, Bugis, Banjar, Ambon, Bali, Jawa, Menui dan NTT dan Tionghoa keturunan.

“Selain suku yang beragam, Tanjabbar juga multi agama seperti Kristen, Protestan, Katolik, Budha, Hindu dan Khonghuchu dan mayoritas penduduk beragama Islam,” ungkap Bupati Safrial, Selasa (08/8) di Kualatungkal.

Bupati Safrial menjelaskan, Kelurahan Sungai Nibung Kecamatan Tungkal Ilir setelah dilakukan survey sangat tepat di jadikan sebagai daerah ikon atau simbol Kampung Kerukunan Umat Beragama. Pasalnya di Kelurahan tersebut terdapat sejumlah rumah ibadah yang dapat dikatakan berdampingan, ada masjid, ada gereja dan kelenteng.

“Tujuannya adalah untuk menjaga kerukunan berbangsa dan bernegara, termasuk memelihara kekeluargaan dalam kebinekaragaman. Dan terobosan pembangunan kampung toleransi atau kerukunan juga merupakan cara terbaik untuk tetap menjaga toleransi antar umat beragama di bumi bertajuk Serengkuh dayung serentak ketujuan,” jelasnya.

Selain itu, dilanjutkan Safrial, juga sebagai simbol sekaligus untuk menjawab isu-isu nasional, dalam konteks multi etnis dan agama, meskipun selama ini kerukunan itu telah terbangun dengan baik sesuai Bhinika Tunggal Ika.

Sumber : Nuansa Jambi

Add Comment