BAPPEDA TANJAB BARAT GELAR FGD PENGUATAN SAKIP

KUALA TUNGKAL – Dalam rangka percepatan pelaksanaan reformasi birokrasi, Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat melalui Bappeda meggelar Forum Grub Discussion (FGD) Penguatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP) Tahun 2017.

FGD tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah Drs. H. Ambok Tuo, MM di Aula Rapat Kantor Bappeda Lt. III, Kamis (26/10/17) dan turut dihadiri Kepala Bappeda Ir. H. Firdaus Khatab, MM dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kegiatan itu sendiri menghadirkan narasumer Bapak Budi Prawira, SE, Kabid Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan
dan Evaluasi Reformasi Birokrasi Kemenpan RB Kunwas 1-1 selaku Ketua Tim Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Provinsi Jambi.

Sekda H. Ambok Tuo saat itu mengapresiasi atas digelarnya FGD SAKIP tersebut. Menurutnya kegiatan itu sangat penting dan strategis dalam rangka menindaklanjuti hasil evaluasi laporan kinerja Pemerintah Daerah yang akan menjadi bahan penilaian dan evaluasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur serta sebagai gambaran kemajuan dan penyerapan anggaran Tanjab Barat.

“Melalui kegiatan ini dapat kita dijadikan sebuah evaluasi dalam rangka penguatan kinerja yang efesiensi dan akuntabel kaitannya dengan pelaksanaan tugas dan fungsi kinerja aparatur dalam penggunaan anggaran Pemerintah Daerah,” ucapnya.

Dipaparkan olehnya, bahwa kinerja Pemkab Tanjabbar telah mendapatkan nilai CC dari Kemenpan-RB, untuk menaikkan nilai Sakip tersebut ke nilai B atau BB ia meminta kepada semua SKPD di lingkungan untuk saling berkoordinasi dalam FGD ini.

Dia menambahkan FGD ini juga berkesempatan untuk mengevaluasi ulang maupun memperbaiki SAKIP kemudian penting di implementasikan di OPD Kabupaten Tanjabbar.  Karena SAKIP merupakan salah satu ukuran kinerja suatu daerah.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Ir. H. Firdaus Khatab, MM menyampaikan kegiatan FGD tersebut untuk pembinaan dan menyamakan persepsi untuk mendorong terciptanya sistem akuntabilitas peningkatan kinerja yang baik dalam rangka penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Tanjab Barat.

“Penyelenggaraan FGD SAKIP ini diharapkan dapat menghasilkan sebuah laporan kinerja yang berkualitas yang dimulai dari RPJMD sesuai dengan tahapan-tahapan meliputi rencana strategis, Perjanjian Kinerja, pengukuran kinerja, Pengelolaan Kinerja, Reviu dan Evaluasi Kinerja serta Pelaporan Kinerja, hingga kegiatan yang menghasilkan outcome dari masing-masing program tersebut,” paparnya.(dok)

Add Comment