BUPATI RESMI BUKA FORUM SKPD TAHUN 2018

KUALA TUNGKAL – Forum SKPD dengan agenda Pembahasan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tanjung Jabung Barat Tahun 2018 dibuka oleh Bupati DR. Ir. H. Safrial, MS bertempat di Ruang Balai Pertemuan, Selasa (14/3/17).

“Melalui Forum SKPD/OPD Kita Tingkatkan Sinergisitas Program Pembangunan Daerah Menuju Kabupaten Tanjung Jabung Barat Maju, Adil, Makmur Bermartabat dan Berkualitas”.

Beberapa arahan yang disampaikan Bupati diantaranya mengenai pentingnya agar setiap SKPD harus melakukan sinkronisasi antara perencanaan dan aktualisasinya sejalan dengan arah pembangunan dan fokus sasaran pembangunan tahun 2018, dengan berpedoman kepada hasil evaluasi dan isu strategis sebagaimana termuat dalam visi misi dan naskah akademis RPJMD 2016-2021,” Sambung Safrial.

Lebih jauh Safrial menegaskan agar seluruh SKPD menggunakan pendekatan dalam pencapaian target pembangunan Tahun 2018, dilakukan dengan penguatan pelaksanaan kebijakan “Money Follow Program”. Penguatan tersebut dilaksanakan melalui pendekatan Holistik-Tematik, Integratif dan Spasial dengan memperhatikan pengendalian dan penguatan perencanaan dan penganggaran.

Dengan demikian, APBD 2018 tidak akan mengakomodir kegiatan atau usulan kegiatan diluar Renja SKPD, atau diluar dari rangkuman pokok pikir DPRD yang sudah dilakukan pembahasan dengan SKPD ataupun diluar rangkuman pembahasan dari Musrenbang masing-masing Kecamatan”, jelas Safrial.

Selanjutnya Bupati juga berharap agar 3 (tiga) sektor unggulan harus didukung dengan baik, seperti pada sektor infrastruktur, jalan jembatan dan air bersih serta pariwisata yang harus dikelola dengan baik.

“Selain itu, sektor- sektor unggulan harus didukung  pula dengan anggaran yang memadai, Saya prediksi kemampuan keuangan daerah tidak mampu memenuhi kebutuhan pembiayaan pembangunan secara keseluruhan,” tuturnya.

Disamping itu bupati, juga mengintruksikan kepada satuan kerja untuk meningkatkan komunikasi dengan stakeholder masing-masing, serta produktif dan disiplin dalam mengajukan usulan, juga proaktif mencari jaringan informasi, jangan hanya menunggu, tapi kejar peluang.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Ir. H. Firdaus Khatab, MM dalam pemyampaiannya mengungkapkan bahwa, forum SKPD merupakan bagian dari tahapan penyusunan perencanaan dan evaluasi perencanaan pembangunan untuk menentukan prioritas kegiatan pembangunan yang tertuang dalam rencana kerja atau renja SKPD, yang muaranya pada rencana kerja pembangunan daerah atau RKPD dan RAPBD.

Kegiatan Forum SKPD akan diselenggarakan selama 3 hari berturut dari tanggal 14 s/d 16 Maret 2017 dan di akhir kegiatan akan dilakukan konsultasi publik.

Dalam  Forum SKPD akan dipertajam dan dibahas lebih lanjut terkait berbagai usulan yang sudah dibahas di Musrenbang tiap kecamatan maupun berbagai usulan pokok pikir yang berasal dari anggota DPRD Tanjab Barat.

Editor : Tim Redaksi

Add Comment