10 SMP NEGERI DAN SWASTA DI TANJABBAR SIAP GELAR UNBK

Kuala Tungkal – Kendati pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), tingkat SMP masih menyisakan waktu dua pekan lagi, yakni akan digelar tanggal 2 hingga 8 Mei 2017 mendatang. Persiapan telah dilakukan sekolah pelaksana. Untuk Tahun Ajaran 2016/2017 ada 10 SMP Negeri dan Swasta yang melaksanakan UNBK. Namun untuk pelaksanaan UNBK SMP/MTs hanaya dilaksanakan SMP saja.

Hal tersebut  dikemukakan Martunis M. Yusuf,  S.Pd, M.Pd, Peltu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanjab Barat. Menurutnya untuk Ujian Nasional jenjang SMP hingga saat ini sudah siap dari segala aspek.

Sama dengan kabupaten lain seperti Batanghari dan Kota Jambi, sekolah di Tanjab Barat ada yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

UNBK pada Tahun Ajaran 2016/2017 hanya dilaksanakan jenjang SMP saja. Sementara untuk MTs belum melaksanakan. “Kita berharap kedepan MTs juga melaksanakan UNBK. Jadi kedepan perlu lakukan koordinasi dengan Kemenag bagaimana mendorong agar anak-anak MTs ini juga bisa melaksanakan UNBK,” ungkap Martunis.

Sementara itu kembali pada pelaksanaan UNBK, di Kabupaten Tanjung Jabung Barat untuk jenjang SMP yang melaksanakan UNBK ada 10 sekolah. “10 sekolah itu diantaranya 7 SMP Negeri dan 3 SMP Swasta. Kita juga apresiasi terhadap SMP Swasta yang memberanikan diri melaksanakan UNBK,” bebernya.

Masih dikatakan Martunis, disegi jumlah peserta, untuk peserta UNBK jenjang SMP berjumlah kurang lebih 1.024 orang peserta. “Pelaksanaan UNBK sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 2 hingga 8 Mei 2017 mendatang. Ujian sendiri dibagi tiga sesi sama dengan pelaksanaan UNBK SMA dan SMK yang terlebih dahulu melaksanakan UNBK ini,” sebutnya.

Dalam pelaksanaan UNBK SMP ini kata Martunis, pihaknya berharap kepada Panitia, agar mempedomani Pos yang dikeluarkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). “Jangan lari dari itu. Kita percaya dengan kawan-kawan di lapangan maupun di Sekolah tahu dengan itu. Karena sudah di sosialisasikan,” tukasnya. (abs)

Sumber  : Lintas Tungkal

Add Comment